INDONESIAKU Pictures, Images and Photos

Sabtu, 29 Mei 2010

Kisah alang-alang


Rudi namanya. Ia tinggal di sebuah rumah sederhana di kawasan Kuningan. Ia kuliah di salah satu universitas swasta di Jakarta.Hari-hari ia lalui dengan belajar dan belajar. Tugas yang seabrek mengharuskannya bermain dalam penat setiap malam. Kelopak matanya menghitam, bukti bahwa ia berkawan dengan malam.

Ia adalah pria yang pendiam, namun sesekali menyapa tetangganya ketika berpapasan. Satu hal yang aku kagum dengannya, ketika ia berpapasan denganku ia selalu berkata,"Ris, sehat?" Aku pun menjawab,"Alhamdulillah sehat". Seraya tersenyum membalas senyum lugunya. Jarang sekali orang-orang di lingkunganku menyapa dan menanyakan kabar.

Di hari-hari luang ia bekerja serabutan. Ia menjadi kuli, merawat makam di TPU dekat rumahku, terkadang ia pun memijat jika ada orang yang ingin merasakan pijatannya.

Keluargaku cukup dekat dengannya. Ia sering menginap di rumah kami. Ia pun sering membersihkan rumah kami, anehnya ia merasa damai di rumah kami. Tak ada beban, yang ada ia sering bercerita tentang masalahnya.

Yang tak kusangka, kenapa banyak orang yang risih dengan keberadaannya dan menganggap ia "aneh". Ia mungkin merasakan juga kenapa orang-orang mengucilkannya. Hal ini juga mungkin membuatnya merasa bahwa keluarga kamilah yang ramah padanya.

Ia pernah bercerita bahwa ibunya selalu menyuruhnya berhenti kuliah dan agar uang kerja serabutannya dipakai untuk menikah, tapi ia tidak menghiraukannya.

Ia pun sering bertengkar dengan ibunya mengenai hal ini. Mungkin hal inilah yang menyebabkan kenapa ia lebih nyaman di rumah kami. Kami pun memperlakukannya seperti keluarga. Kami mengajaknya makan dan sesekali mengajaknya bercanda, walaupun ia hanya tersenyum dan tidak tertawa. Itulah dirinya, begitu pendiam dan pemalu.

Ia pernah menginap lama di rumah kami. Entah apa yang terjadi, kami tak pernah tau. Kami hanya menduga bahwa ibunya terus memaksanya berhenti kuliah dan menikah. Aku hanya bisa menyimpulkan bahwa ibunya kurang perhatian padanya dan selalu memaksanya.

Suatu malam ia pernah berkata padaku, "Ris, seandainya aja gw diciptakan seperti alang-alang, gw ga akan kayak gini!"

Aku pun kaget dan berkata,"Maksudnya?"

"Iya, alang-alang tuh tetep bisa hidup walaupun cuaca sangat buruk. Walaupun tumbuhan itu layu tapi akarnya tetap hidup dan akan melahirkan tunas-tunas baru".

Aku pun hanya terdiam. Entah karena aku tak bis amenjawab atau karena terpesona dengan ucapannya.

Esok harinya, aku melihat polisi membawanya masuk ke dalam mobil. Dengan bingung aku bertanya pada tetanggaku, "Ada apaan?"

"Itu, si Rudi nusuk orang pas orangnya lagi makan di warteg, padahal tuh orang ga salah apa-apa", jawab tetanggaku.

"Ya Alloh,, terus orang yang ditusuk ga apa-apa?"

"Yang ditusuk si ga terlalu parah. Nusuknya pelan".

"Terus,, kenapa ga damai aja ?? Biar Rudi ga ketangkep".

"Orang yang ditusuk ga mau damai, orang-orang juga nganggepnya Rudi stres, makanya dia dibawa ke rumah sakit jiwa sama polisi".

Ya Alloh, ternyata Rudi memikul beban yang berat. Dimulai dari ibunya yang selalu memaksanya, ditambah lagi dengan perbuatan orang-orang yang tidak mau berteman dengannya. Ternyata perbuatan keluarga kami masih kurang menunjukkan bahwa masih ada orang-orang yang ramah padanya.

NB: Dedicated for my friend. You always be my friend.. Whoever you are now..

Januar Al Farisi



0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

About Me

Foto saya
jakarta, DKI-Jakarta, Indonesia
akulah penyair gila yang mencoba menembus pemikiran dengan pemikiran. aku hidup bersama ketenangan dan menghilang bersama relung hati aku berlari dalam gelap,menerobos yang tak terlihat. aku menyelam dalam batas kegalauan dan tenggelam dalam keinginan. aku bukanlah aku, aku adalah sesuatu yang menghasilkan kamu,dia dan mereka.

tukeran link yuk..copy paste ke widget anda..nanti saya pasang link anda

1. 11 kode etik blogger indonesia , oleh kafe28 !!!
2. ingin tahu siapa yang "mencuri" ide atau menjiplak blog anda , cek disini !!!
3. Seberapa cepat waktu pengaksesan blog Anda, cek disini !!!
4. Info palestine terlengkap, cek disini !!!
5. Daftarkan blog anda kesemua search engine agar terlacak , cek disini !!!
6. Tambah gadget untuk blog anda, pilih dan pasang, cek disini !!!
7. Buat Domain CO.CC gratis,ketik domain yang diinginkan dan daftarkan!!!

8. cara gampang dan cepet dapet emblem,tokken ninja saga dan dollar gratis dari facebook.buat account,invite or publish, cek disini !!!
9. bisnis di internet, mudah cepat gak aneh-aneh. modal kecil dan terbukti, cek disini !!!
hi my friend..get money from ur blog..just sign up an account here and make account in paypal, to transfer ur money.this is absolutely free..per Click: $0.05, per Sale: $3.00. have fun...!!!

Get cash from your website. Sign up as affiliate.
 

sms gratis..(trust me...it works...!!!)

Go_Articles