INDONESIAKU Pictures, Images and Photos

Kamis, 27 Mei 2010

catatan kecil seorang suami




Aku bukanlah orang kaya yang punya banyak uang. Aku pergi pada pagi hari dan pulang pada malam hari 'tuk menghidupi keluargaku dengan rizki yang halal. Walaupun keuangan kami tidak terlalu bagus, tapi ku berusaha agar gizi keluargaku tercukupi. Biarlah aku makan seadanya di luar kantor, yang penting di rumah keluargaku makan dengan enak.
Terkadang ku pulang ke rumah dengan wajah lesu menahan masalah, agar keluargaku tak ikut memikirkannya, walaupun sesekali aku ceritakan juga. Kuyakinkan mereka bahwa masalah itu akan teratasi. Aku tak pernah mengeluh menjadi seorang suami.

Hari libur kumanfaatkan untuk pergi bersama keluarga menikmati pemandangan alam. Ku manfaatkan waktu libur itu untuk bergembira bersama mereka, walaupun esok hari ku sudah kembali pada rutinitas yang padat. Ketika ku mendapat uang lebih, kuusahakan membeli mainan untuk anak-anakku. Ku lebih memilih membelikan mereka mainan daripada kupakai untuk memanjakan diri.
Sewaktu pulang ke rumah ku selalu menghadirkan wajah ceria, walaupun mungkin aku tak seceria itu. Sebelum tidur kupastikan anak-anakku tertidur lebih dulu, karena aku tak ingin mereka tidur telalu larut. Aku tak pernah mengeluh.

Aku mempunyai dua anak laki-laki. Si sulung berusia 10 tahun dan yang bungsu berusia 4 tahun. Hari itu anakku yang bungsu ingin dibelikan sepeda, namun ku selalu memberi alasan untuk mengulur waktu agar aku bisa menyisihkan uang makanku untuk membeli sepeda. Aku tak pernah mengeluh sebagai seorang suami.

Pagi hari setelah sholat subuh, aku membantu istriku membereskan rumah. Pukul 06.00 kurang, aku pun mengantar anakku yang sulung ke sekolah. Aku habiskan beberapa jam di warung dekat sekolah anakku untuk menunggu sampai pukul 08.00, sebelum akhirnya aku berangkat ke kantor. Pukul 09.00 kurang, ku telah tiba di kantor. Jika pengiriman barang sedang ramainya, aku pulang ke rumah hampir jam 12 malam. Aku adalah salah satu pegawai yang selalu lembur. Aku tidak pernah mengeluh.

Pagi itu sewaktu aku sedang berada di kantor, ku ditelpon istriku bahwa anak kami yang berusia 4 tahun sakit. Aku segera pulang dan mengantar anankku ke klinik terdekat. Ternyata anakku terkena demam berdarah dan harus dirawat di rumah sakit. Aku meminjam uang di kantor untuk perawatan anakku. Hatiku senang sekali karena seminggu kemudian anakku telah sembuh.
Aku memohon pada kantor, agar diizinkan kerja lembur di hari Minggu, untuk membayar hutangku pada kantor. Aku tidak pernah mengeluh menjadi seorang suami.

Hari itu aku pulang kerja lebih awal, karena pengiriman barang tidak terlalu banyak. Sebelum pulang, tak lupa ku membeli maratabak (kebiasaanku jika pulang lebih awal). Sewaktu sampai rumah, aku lihat anakku yang berusia 4 tahun menangis dengan kerasnya, namun istriku sedang memasak dan menyetrika pakaian. Istriku menghampiri anak kami dan menggendongnya, lalu istriku berkata, "Ya ampun,, kamu cengeng banget sih! Mama kan capek!"

Baru kali ini kudengar istriku mengeluh capek, padahal aku tak pernah mengeluh sama sekali. Akhirnya aku menyadari satu hal, bahwa: aku dan istriku sama-sama berjuang. Aku berjuang menghidupi istri dan anak-anakku, sedangkan istriku berjuang menjadi ibu rumah tangga yang baik. Bagiku ini adalah kodrat yang cukup adil, karena aku dan istriku mempunyai tanggung jawab yang sama.
Jadi tak ada alasan mengeluh atas kodrat yang telah ada.

Januar Al Farisi


0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

About Me

Foto saya
jakarta, DKI-Jakarta, Indonesia
akulah penyair gila yang mencoba menembus pemikiran dengan pemikiran. aku hidup bersama ketenangan dan menghilang bersama relung hati aku berlari dalam gelap,menerobos yang tak terlihat. aku menyelam dalam batas kegalauan dan tenggelam dalam keinginan. aku bukanlah aku, aku adalah sesuatu yang menghasilkan kamu,dia dan mereka.

tukeran link yuk..copy paste ke widget anda..nanti saya pasang link anda

1. 11 kode etik blogger indonesia , oleh kafe28 !!!
2. ingin tahu siapa yang "mencuri" ide atau menjiplak blog anda , cek disini !!!
3. Seberapa cepat waktu pengaksesan blog Anda, cek disini !!!
4. Info palestine terlengkap, cek disini !!!
5. Daftarkan blog anda kesemua search engine agar terlacak , cek disini !!!
6. Tambah gadget untuk blog anda, pilih dan pasang, cek disini !!!
7. Buat Domain CO.CC gratis,ketik domain yang diinginkan dan daftarkan!!!

8. cara gampang dan cepet dapet emblem,tokken ninja saga dan dollar gratis dari facebook.buat account,invite or publish, cek disini !!!
9. bisnis di internet, mudah cepat gak aneh-aneh. modal kecil dan terbukti, cek disini !!!
hi my friend..get money from ur blog..just sign up an account here and make account in paypal, to transfer ur money.this is absolutely free..per Click: $0.05, per Sale: $3.00. have fun...!!!

Get cash from your website. Sign up as affiliate.
 

sms gratis..(trust me...it works...!!!)

Go_Articles